Contoh Makalah Maternitas

BAB  1

PENDAHULUAN

A. LATAR  BELAKANG

Kehamilan merupakan waktu transisi, yakni suatu masa antara kehidupan sebelum mempunyai anak yang kini berada dalam kandungan dan kehidupan nanti sehabis anak tersebut lahir. Perubahan status yang radikal ini dipertimbangkan sebagai suatu krisis disertai periode tertentu untuk menjalani proses persiapan psikologis yang secara normal sudah ada selama kehamilan dan mengalami puncaknya pada ketika bayi lahir.

Kehamilan insan terjadi selama 40 ahad antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 ahad dari pembuahan). Istilah medis untuk perempuan hamil ialah gravida, sedangkan insan di dalamnya disebut embrio (minggu-minggu awal) dan kemudian janin (sampai kelahiran). Seorang perempuan yang hamil untuk pertama kalinya disebut primigravida atau gravida 1. Seorang perempuan yang belum pernah hamil dikenal sebagai gravida 0.  Dalam banyak masyarakat definisi medis dan legal kehamilan insan dibagi menjadi tiga periode triwulan, sebagai cara memudahkan tahap berbeda dari perkembangan janin. Triwulan pertama membawa resiko tertinggi keguguran (kematian alami embrio atau janin), sedangkan pada masa triwulan ke-2 perkembangan janin sanggup dimonitor dan didiagnosa. Triwulan ke-3 menandakan awal 'viabilitas', yang berarti janin sanggup tetap hidup bila terjadi kelahiran awal alami atau kelahiran dipaksakan.

 Secara umum, semua emosi yang dirasakan oleh perempuan hamil cukup labil. Ia sanggup mempunyai reaksi yang ekstrem dan susana hatinya kerap berubah dengan cepat. Reaksi emosional dan persepsi mengenai kehidupan juga sanggup mengalami perubahan. Ia menjadi sangat sensitif dan cenderung bereaksi berlebihan. Seorang perempuan hamil akan lebih terbuka terhadap dirinya sendiri dan suka menyebarkan pengalaman kepada orang lain. Ia merenungkan mimpi tidurnya, angan-angannya, fantasinya, dan arti kata-katanya, objek, peristiwa, konsep abstrak, mirip kematian, kehidupan, keberhasilan, dan kebahagiaan. Ia sanggup mengidentifikasi bentuk-bentuk fisik yang bekerjasama erat dengan masa usia subur atau mencukupkan diri dengan kehidupan atau makanan.

A.RUMUSAN MASALAH
B.TUJUAN

BAB  II

PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA

Segera sehabis konsepsi, kadar hormone progesterone dan estrogen dalam tubuh akan meningkat dan ini menimbulkan timbulnya mual dan muntah pada pagi hari, lemah, lela, dan payudaranya membesar. Ibu merasa tidak sehat dan seringkali membenci kehamilannya. Seringkali pada awal kehamilan, ibu berharap untuk tidak hamil.

Trimester pertama ialah masa kehamilan 3 bulan pertama, merupakan ketika yang rawan bagi perkembangan janin, lantaran biasanya banyak perempuan tidak menduga kalau dirinya sedang hamil. Kehamilan gres diketahui ketika usia janin sudah menginjak waktu lebih dari satu bulan, atau sehabis melaksanakan tes kehamilan. Sementara itu, kalau mereka tidak sadar sedang hamil, mereka akan mengkonsumsi banyak sekali macam masakan serta obat yang bisa merusak perkembangan bayi dalam kandungan. Selain itu, mereka juga tetap melaksanakan acara mirip biasa. Jika aktivitasnya berat, maka sanggup membahayakan janin. Karena itulah janin pada umur 1-3 bulan ini sangat rentan keguguran.

Untuk itu, mengetahui kehamilan semenjak dini sangat diharapkan guna menjaga perkembangan janin. Hal ini sanggup dilakukan dengan menggunakan alat deteksi kehamilan directtest. directtest merupakan alat deteksi kehamilan yang sangat peka, sanggup mendeteksi ada atau tidak adanya kehamilan sehabis 7 hari berhubungan, dimana hormone kehamilan masih sangat sedikit. directtest mempunyai tingkat kepekaan sangat tinggi, yaitu 10 miu hCG/ml urine dimana alat lain rata-rata 25 miu Hcg/ml urine. Artinya, directtest sanggup mendeteksi adanya kehamilan, walaupun hormone kehamilannya sangat sedikit, yaitu 10 miu hCG/ml urine. Itulah sebabnya mengapa directtest sanggup digunakan kapan saja, tidak harus pagi hari (urine pertama sehabis berdiri tidur) dimana kadar hormone kehamilannya masih tinggi, tapi directtest juga sanggup digunakan pada siang, sore ataupun malam hari.

B.KONDISI PSIKOLOGIS IBU HAMIL PADA TRIMESTER PERTAMA

Selama hamil, kebanyakan perempuan mengalami perubahan psikologis dan emosional.Trimester pertama sering dianggap sebagai periode pembiasaan terhadap kenyataan bahwa ia sedang mengandung. Sering kali kita mendengar menyampaikan betapa bahagianya beliau lantaran akan menjadi seorang ibu, dan bahwa beliau sudah mempunyai nama untuk bayi yang akan beliau lahirkan. Namun tidak jarang ada perempuan yang merasa khawatir kalau terjadi problem dalam kehamilannya , khawatir kalau kehilangan kecantikannya, atau ada kemungkinan bayinya tidak normal. Sebagian besar perempuan merasa duka dan ambivalen ihwal kenyataan bahwa ia hamil. Kurang lebih 80% perempuan mengalami kekecewaan, penolakan, kecamasan, defresi, dan kesedihan.

Fokus perempuan ialah pada dirinya sendiri yang akan menimbulkan ambivalensi mengenai kehamilannya seiring usahanya menghadapi pengalaman kehamilan yang buruk, yang pernah ia alami sebelumnya, imbas kehamilan terhadap kehidupannya kelak (terutama kalau ia mempunyai karir), tanggung jawab yang gres atau tambahan yang akan ditanggungnya, kecemasan yang akan bekerjasama dengan kemampuannya untuk menjadi seorang ibu, masalah-masalah keuangan dan rumah tangga, dan keberterimaan orang terdekat terhadap kehamilannya. Perasaan ambivalen ini biasanya berakhir dengan sendirinya seiring ia mendapatkan kehamilannya, sementara itu, beberapa ketidaknyamanan pada trimester pertama, mirip nausea, kelemahan, perubahan nafsu makan, kepekaan emosional, semua ini sanggup mencerminkan konflik dan defresi yang ia alami dan pada ketika bersamaan hal-hal tersebut menjadi pengingat ihwal kehamilannya.

Trimester pertama sering menjadi waktu yang menyenangkan untuk melihat apakah kehamilan akan sanggup berkembang dengan baik. Hal ini akan terlihat terang terutama pada perempuan yang telah beberapa kali mengalami keguguran dan bagi para tenaga kesehatan profesional perempuan yang cemas akan kemungkinan terjadi keguguran kembali atau teratoma. Berat tubuh sangat bermakna bagi perempuan hamil selama trimester pertama. Berat tubuh sanggup menjadi salah satu uji realitas ihwal keadaannya lantaran tubuhnya menjadi bukti konkret bahwa dirinya hamil. Validasi kehamilan dilakukan berulang-ulang ketika perempuan mulai menyidik dengan cermat setiap perubahan tubuh, yang merupakan bukti adanya kehamilan. Bukti yang paling kuat ialah terhentinya menstruasi.

 Hasrat seksual pada trimester pertama sangat bervariasi antara perempuan yang satu dan yang lain. Meski beberapa perempuan mengalami peningkatan hasrat seksual, tetapi secara umum trimester pertama merupakan waktu terjadinya penurunan libido dan hal ini memerlukan komunikasi yang jujur dan terbuka terhadap pasangan masing-masing. Banyak perempuan mencicipi kebutuhan kasih sayang yang besar dan cinta kasih tanpa seks. Libido secara umum sangat dipengaruhi oleh keletihan, nausea, depresi, payudara yang membesar dan nyeri, kecemasan, kekhawatiran, dan masalah-masalah lain merupakan hal yang sangat normal terjadi pada trimester pertama.


C. PERUBAHAN FISIK IBU HAMIL PADA TRIMESTER PERTAMA

Banyak perubahan fisik yang akan anda alami selama trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan). Periode ini juga merupakan waktu pembentukan sekaligus perkembangan pesat dari semua sistem dan organ tubuh bayi. Berbagai tanda-tanda kehamilan akan tiba di trimester kehamilan pertama ini contohnya pembesaran payudara, sering buang air kecil, konstipasi, mual muntah, merasa lelah, sakit kepala, pusing, emosional, dan peningkatan berat badan.

Kalendar kehamilan berikut ini memperlihatkan gosip yang cukup memadai mengenai apa yang terjadi pada tubuh ibu dan janin yang dikandungnya dari ahad pertama hingga ketika menjelang persalinan.

1. Minggu 1

Tubuh Ibu akan banyak berubah dalam 3 bulan pertama kehamilan. Janin berkembang di dalam rahim Ibu, perasaan mual, nyeri punggung, lelah, perubahan mood, keram kaki, sering berkemih, dan konstipasi sanggup terjadi di awal kehamilan. Ibu tidak usah khawatir lantaran semua kejadian ini normal dialami dalam kehamilan. Seiring dengan bertambahnya waktu, semakin besarnya kehamilan, maka keluhan ini perlahan-lahan akan menghilang. Makanlah asupan nutrisi yang bergizi lantaran trimester pertama ialah masa paling penting di dalam pertumbuhan organ janin (organogenesis). Setiap kehamilan berbeda, dan kehamilan Ibu akan mempunyai keunikan tersendiri.

Umur janin dihitung menurut hari pertama menstruasi terakhir. Hal ini dilakukan lantaran sulit untuk memilih secara niscaya kapan Ibu mengalami ovulasi (matang dan keluarnya sel telur dari indung telur), dan kapan sel sperma membuahi sel telur tersebut. Kaprikornus lantaran perhitungan kehamilan dimulai pada ahad terakhir ketika Ibu menstruasi, berarti umur dari janin yang dikandung Ibu ialah usia kehamilan dikurangi 2 minggu.

Minggu pertama ialah ahad periode menstruasi terakhir, meskipun pembuahan belum terjadi, Ibu kini sudah mulai menghitung hari. Minggu ini rahim Ibu akan meluruh dan periode menstruasi sedang terjadi. Perlahan-lahan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) mulai diproduksi untuk membantu pematangan sel telur. Pembuahan (pertemuan sel sperma dan sel telur) gres terjadi 12-14 hari lagi dimana sehabis terjadi pembuahan maka pada ketika itu embrio gres tumbuh.

Saat ini merupakan momentum paling tepat untuk menghentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol. Tiga hal yang disebutkan di atas sanggup mempengaruhi perkembangan embrio dan mengakibatkan kecacatan. Sebaiknya hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas. Namun untuk obat rutin yang diminum (obat untuk tekanan darah tinggi, obat diabetes) sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menghentikannya.

Menurut The Center for Disease Control (CDC), perempuan yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari semoga sanggup mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Sumber asam folat sanggup berasal dari Hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, buncis. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan apabila Ibu akan mengkonsumsi perhiasan asam folat.

Posisi bekerjasama seksual

Posisi misionaris (pria di atas) merupakan posisi yang direkomendasikan apabila pasangan ingin mempunyai anak. Dalam posisi tersebut, penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) sanggup terjadi lebih dalam sehingga semen yang mengandung sel sperma sanggup lebih bersahabat ke serviks (leher rahim) maupun uterus (rahim). Posisikanlah pinggul Ibu lebih tinggi sehabis selesai bekerjasama seksual semoga memudahkan sel sperma berenang ke arah yang tepat
2. MINGGU 2

Bersiap-siap ovulasi

Keajaiban awal mula kehidupan diawali dengan bertemunya sel sperma dan sel telur di saluran tuba. Hanya 1 sperma yang bisa memasuki sel telur dan membuahinya.

Apabila siklus menstruasi Ibu ialah 28 hari, maka Ibu akan berada di masa subur pada final ahad ini. Hal ini dikarenakan ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur) terjadi pada pertengahan siklus menstruasi (12-14 hari). Kaprikornus mingu ini ialah ketika paling tepat untuk terjadinya pembuahan. Minggu ke-2 ialah berakhirnya masa haid dan masuk ke masa proliferasi (lapisan endometrium rahim mengadakan proliferasi atau pertumbuhan rahim untuk mempersiapkan kehamilan). Hormon estrogen mulai meningkat dan mengakibatkan lapisan endometrium tumbuh atau berproliferasi. Hormon FSH yang dihasilkan oleh tubuh akan berfungsi untuk membantu mengembangkan 1 atau beberapa folikel menjadi sel telur yang matang. Sel telur matang akan berjalan dari indung telur ke saluran tuba dan menunggu untuk dibuahi.

Akhir ahad ini, ialah waktu Ibu berovulasi. Apabila ibu bekerjasama seksual tanpa pelindung, maka sehabis pasangan Ibu ejakulasi, 200 – 300 juta sperma berenang di dalam vagina, jutaan sperma yang bisa mencapai rongga rahim dan tuba, hanya sekitar 300 – 500 sel sperma yang bisa mencapai ampula tuba (dimana sel telur menanti dibuahi), dan hanya 1 sel sperma yang bisa memenangkan persaingan dari jutaan sel sperma lainnya pada final perjalanan.

Kesehatan Ibu yang baik merupakan salah satu faktor yang penting dalam kehamilan. Nutrisi adekuat, olahraga, dan istirahat yang cukup akan mempengaruhi kesehatan Ibu. Jika berat tubuh Ibu berada di dalam batas normal sebelum kehamilan, Ibu memerlukan asupan kalori sebesar 2200 kalori setiap harinya pada 13 ahad pertama (trimester pertama). Selama trimester kedua dan ketiga, Ibu memerlukan tambahan 300 kalori perhari. Kalori tambahan sanggup memperlihatkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk Ibu maupun janin.

3. MINGGU 3

Tanda awal kehamilan

Setelah ejakulasi, sel sperma yang mencapai saluran kelamin perempuan harus melalui masa pembiasaan terlebih dahulu selama 7 jam yang berlangsung di dalam vagina Membutuhkan waktu sekitar 10 jam bagi sperma untuk mencapai saluran tuba namun hanya butuh 20 menit untuk sel sperma membuahi sel telur. Pembuahan berlangsung selama 12 – 24 jam, dimulai ketika sel sperma memasuki sel telur dan berakhir dengan terbentuknya zigot (sel yang berkembang)

Hasil utama dari pembuahan ialah kombinasi kromosom (materi genetik) dari kedua orangtua, penentuan jenis kelamin, dan dimulainya pembelahan. Pronukleus sel sperma akan bergabung dengan pronukleus sel telur untuk mengkombinasikan materi genetik. Apabila sperma membawa kromosom Y, maka bayi Ibu laki-laki, sedangkan apabila sperma membawa kromosom X, maka bayi Ibu perempuan. Dalam beberapa jam sehabis sel telur dibuahi, dimulailah pembelahan zigot.

Sel akan membelah menjadi 2 sel, dan terus membelah, membelah, dan membelah lagi setiap 12 jam. Dalam waktu 30 jam sel akan membelah menjadi 2, dalam waktu 3 hari sel akan membelah menjadi 16 (morula). Dalam stadium morula, sel akan diarahkan perlahan-lahan berjalan dari saluran tuba menuju rahim. Di dalam rongga rahim sel akan berubah menjadi ratusan sel dan dikelilingi oleh rongga berisi cairan yang disebut dengan blastokista. Blastokista akan mencari tempat untuk nidasi atau implantasi (melekat) ke dinding rahim (terkadang terjadi perdarahan di ketika nidasi-salah satu tanda kehamilan). Dalam waktu 9 hari blastokista akan berimplantasi pada dinding depan atau dinding belakang rahim, bersahabat pada fundus rahim (bagian paling atas dari rahim). Tubuh Ibu akan mengeluarkan protein imunosupresan yang mencegah tubuh bereaksi lantaran melihat janin sebagai benda asing. Jika implantasi atau perlekatan ini terjadi barulah sanggup disebut kehamilan. Selamat Ibu! Saat ini Ibu sedang hamil 3 minggu! (meskipun janin Ibu gres berusia 1 minggu).

Ibu :

Minggu ini Ibu akan sering merasa lelah dan payudara mulai terasa tegang dan sakit. Kedua hal tersebut merupakan membuktikan awal kehamilan. Ibu juga sanggup mengalami ketidakseimbangan mood atau disebut ‘bad mood’ yang dikarenakan perubahan hormonal pada Ibu hamil. Selain itu, mual atau morning sickness juga sanggup terjadi. Konsumsi nutrisi yang adekuat sangat dibutuhkan pada fase ini, mirip asam folat, protein, kalsium, dan besi, sangat penting bagi pertumbuhan embrio. Protein digunakan untuk menciptakan jaringan baru, kalsium (1200 mg/hari) mempunyai kegunaan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan zat besi (30 mg/hari) merupakan mineral dasar untuk meningkatkan volume darah embrio. Kalsium sanggup bersumber dari produk susu, sedangkan zat besi banyak terdapat di daging merah, telur, dan sayuran hijau.

4. MINGGU 4

Awal Pembentukan Organ

Embrio :

Telur yang sudah dibuahi akan melaksanakan interaksi dan perlekatan dengan rahim. Setelah perlekatan terjadi, hormon hCG akan dilepaskan-hormon kehamilan yang akan memperlihatkan tanda 2 strip pada tes kehamilan. hCG akan merangsang korpus luteum (kantung tempat keluar sel telur) untuk memproduksi hormon progesteron yang mempunyai kegunaan untuk menjaga lapisan rahim sebagai sarana perlekatan embrio hingga plasenta mengambil alih-6 ahad dari sekarang.


Embrio akan bekerja keras ahad ini, menciptakan plasenta, tali pusat, dan dasar dari tubuhnya. Kantung amnion akan berisi cairan amnion yang mengelilingi embrio dan mempunyai kegunaan untuk melindungi embrio. Sedangkan yolk sac akan memproduksi darah dan membantu memperlihatkan nutrisi untuk embrio hingga plasenta mengambil alih.

Saat ini embrio akan berubah menjadi 3 lapisan, dimana masing-masing lapisan akan membentuk organ. Lapisan endoderm atau lapisan terdalam akan membentuk saluran pencernaan, usus, hati, dan paru. Lapisan tengah atau mesoderm akan membentuk jantung, alat kelamin, otot, tulang dan ginjal. Lapisan terluar, yaitu ektoderm akan membentuk rambut, kulit, mata, dan sistim saraf. Pada final ahad ke-4 embrio Ibu akan mempunyai kepala, lisan yang terbuka, otak serta jantung primitif. Embrio akan berukuran 0,36 mm – 1 mm dan mempunyai berat kurang dari 1 gram.

Ibu :

Sama mirip ahad sebelumnya, Ibu akan mencicipi beberapa tanda awal kehamilan yaitu payudara yang terasa nyeri dan membesar, letih, kontraksi Braxton-Hicks, sering berkemih, dan mual. Serviks (leher rahim) akan melunak dan berubah warna. Ibu sanggup memeriksakan kehamilannya ahad ini dengan melaksanakan tes kehamilan menggunakan stik. Jangan kecewa apabila hasilnya negatif, tidak semua alat tes kehamilan mempunyai sensitifitas yang sama. Apabila hasilnya masih negatif maka Ibu sanggup mencoba lagi 1 ahad ke depan. Semakin usang menunggu untuk melaksanakan tes kehamilan, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk positif.
Sekarang ialah ketika yang tepat untuk mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram/hari. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan lantaran mengurangi risiko defek tabung neuron pada janin. Sumber dari asam folat sanggup ditemukan di hati, gandum, sayuran, buah, dan ragi. Jangan biarkan diri Ibu lepas kendali hanya lantaran Ibu hamil, Ibu mungkin makan untuk berdua tetapi Ibu tidak harus makan dua kali lebih banyak. Makan berlebihan tidak akan menambah kesehatan janin namun hanya akan menambah berat tubuh Ibu, dan hal tersebut tidak baik. Ketika Ibu hamil, sebaiknya Ibu mengkonsumsi snack ringan, jus segar, atau roti gandum bila sedang lapar. Susu atau produk susu, sumber protein mirip daging, unggas. Sereal, buah dan sayuran sebaiknya dikonsumsi secara seimbang. Hindari kalori kosong (banyak gula dan lemak).

Saat ini ialah ketika yang emosional bagi seorang Ibu yang sedang hamil. Perubahan mood dan keluhan mual sangat mengganggu. Disinilah kiprah ayah atau pasangan untuk selalu mendampingi sang istri. Perhatikan istri anda, dampingi selalu, tanyakan keluhannya, dan cobalah mengerti kondisinya. Calon orangtua sanggup membaca buku kehamilan gotong royong untuk mengetahui mengenai apa yang terjadi di kehamilan setiap minggunya.

5. MINGGU 5

Permulaan masa embriogenik

Embrio :

Minggu ke-5 ialah permulaan periode embrionik (dari ahad 5 – 10 kehamilan), suatu periode yang sangat penting di dalam perkembangan organ janin. Embrio Ibu ketika ini berusia 3 minggu. Peristiwa yang paling khas dalam ahad kelima ialah gastrulasi, yaitu proses yang membentuk ketiga lapisan germinal pada embrio. Tiga lapisan yang berkembang yaitu endoderm, mesoderm, dan, ektoderm, masing-masing akan membentuk organ. Lapisan endoderm atau lapisan terdalam akan membentuk saluran pencernaan, usus, hati, dan paru. Lapisan tengah atau mesoderm akan membentuk jantung, alat kelamin, otot, tulang, dan ginjal. Lapisan terluar, yaitu ektoderm akan membentuk rambut, kulit, mata, dan sistim saraf.

Pada final ahad ke-5 embrio akan membentuk dasar kerangka sumbu badan, otak, serta jantung primitif. Embrio akan berukuran 0,36 mm – 1 mm dan mempunyai berat kurang dari 1 gram. Minggu ini ialah suatu tahapan yang sangat peka terhadap gangguan-gangguan teratogenik (kecacatan janin).

Pada final minggu, embrio yang sebelumnya hanya berbentuk kumpulan sel, ketika ini berbentuk tabung dengan belahan atas dan belahan bawah yang melebar. Terbentuk alur saraf yang memanjang dari atas ke bawah. Lipatan saraf kranial sudah membagi diri menjadi bagian-bagian dari otak. Pembuatan jantung primitif akan dimulai pada tengah ahad ke-5, jantung akan terbagi menjadi 4 ruang engan menggunakan USG atau echocardiografi fetal, pergerakan jantung embrio sanggup terlihat.

Ibu :

Pada ahad ini Ibu tidak akan mendapatkan menstruasi, salah satu membuktikan untuk kehamilan. Apabila Ibu melaksanakan tes kehamilan, maka akan sangat besar kemungkinannya untuk positif. Tes ini mendeteksi adanya hCG, hormon yang meningkat pada ketika kehamilan. Produksi hormon yang masih meningkat sanggup menimbulkan keluhan mirip minggu-minggu sebelumnya.

Hindari polutan mirip merkuri (ikan yang terkontaminasi), pestisida (DDT, heptaklor, klordane), timbal (bensin, pengawet kayu, materi bangunan cat), dan polychlorinated biphenyl atau PCB ( gabungan senyawa kimia, terdapat di ikan yang terkontaminasi). Hentikan konsumsi obat isotretinoin. Isotretinoin ialah turunan dari vitamin A yang banyak digunakan untuk mengobati jerawat. Konsumsi isotretinoin sanggup mengakibatkan kecaca tan mirip sumbing palatum, gangguan jantung, dll. Obat ini juga sanggup mengakibatkan keguguran. Jaga tubuh Ibu dari bahan-bahan yang sanggup mengakibatkan gangguan perkembangan pada janin.

Ibu hamil membutuhkan 300 kalori ekstra setiap harinya. Pastikan Ibu memakan masakan yang bergizi untuk perkembangan embrio. Beberapa masakan yang mengandung benalu mirip listeriosis dan toksoplasma dengan imbas sanggup menimbulkan ketaknormalan pada embrio sebaiknya dihindari. Beberapa jenis masakan yang sebaiknya tidak Ibu konsumsi ialah :

1. Hati dan produk hati. Mengandung vitamin A takaran tinggi yang bersifat teratogenik (menyebabkan cacat pada janin)
2. Makanan mentah atau setengah matang lantaran risiko toksoplasma (seafood, daging)
3. Ikan yang mengandung metilmerkuri dalam kadar tinggi mirip hiu, marlin, yang sanggup mengganggu sistim saraf janin
4. Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, coklat, kola dibatasi 200 mg per hari. Efek yang sanggup terjadi diantaranya ialah insomnia (sulit tidur), refluks, dan frekuensi berkemih yang meningkat
5. Vitamin A dalam takaran > 20.000 – 50.000 IU/hari sanggup mengakibatkan kelainan bawaan
6. Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi
7. Telur mentah atau masakan yang mengandung telur mentah
8. Keju lunak mirip brie, camembert, feta, Roquefort

Toksoplasmosis juga sanggup menempel pada kotoran kucing. Sebaiknya Ibu meminta orang lain untuk membersihkan kotoran kucing selama Ibu sedang hamil. Pastikan Ibu memasak matang semua makanan, mencuci sayur dan buah hingga bersih, menghindari kotoran kucing, dan menggunakan sarung tangan apabila akan bekerja dengan tanah.

6. MINGGU 6

Kunjungan prenatal pertama
Embrio :
Minggu ini embrio akan mempunyai bentuk mirip kecebong, dengan kepala yang lebih besar dari organ lain dan mempunyai buntut. Tabung saraf yang akan membentuk saraf tulang belakang dan otak memanjang dari atas hingga bawah embrio. Penonjolan pada sentra embrio (tengah) akan membentuk jantung. Pembentukan otak, jantung dan pembuluh darah, sistim saraf, dan organ lain mulai berkembang.

Lidah mulai terbentuk pada embrio berusia 4 ahad dalam bentuk 2 tonjolan pengecap lateral dan 1 tonjolan pengecap medial. Saluran usus primitif dan pembentukan tunas hati akan terbentuk pada embrio berukuran 3 mm ini. Kantung amnion dan plasenta juga sedang dibentuk. Embrio Ibu mempunyai panjang sekitar 1,25 mm – 3 mm. Minggu ini ialah ahad perkembangan besar-besaran dari organ tubuh embrio. Sudah terbentuk lempeng telinga, lempeng mata, lengkung faring, dan rigi lengan. Tonjol-tonjol wajah berupa tonjol maksila (rahang atas) dan tonjol mandibula (rahang bawah) sudah terbentuk.

Sel mesoderm akan berubah menjadi sel-sel darah dan kemudian membentuk pembuluh-pembuluh darah kecil. Dengan berlanjutnya pembentukan tunas pembuluh darah, pembuluh darah ekstraembrional akan membentuk korelasi dengan pembuluh darah di dalam embrio sehingga menghubungkan embrio dan plasenta (ari-ari).Selaput perikardium (meliputi jantung) mulai terbentuk. Tunas paru mulai tampak sebagai suatu tonjolan di bersahabat dinding depan usus. Bagian-bagian dari ginjal yaitu tubulus nefron dan glomerulusnya berkembang pesat ahad ini.

Ibu :
Ibu mungkin akan mulai merasa moody (sedih di satu waktu dan senang di waktu berikutnya), hal tersebut masuk akal terjadi dan disebabkan oleh hormonal yang berfluktuasi. Perdarahan berupa bercak merupakan hal normal yang terjadi di awal kehamilan, namun berhati-hatilah lantaran bercak atau flek perdarahan tersebut sanggup berupa tanda awal dari keguguran atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim). Hubungi dokter kebidanan Ibu apabila bercak perdarahan tersebut berlanjut.

Apabila Ibu mulai sering merasa kelelahan, maka latihan fisik sedang atau olahraga disarankan untuk meningkatkan energi. Cobalah untuk berjalan atau mengikuti kelas yoga. Sering berkemih atau sering bolak-balik ke kamar mandi merupakan tanda umum kehamilan. Hal ini terjadi lantaran hormon β-hCG akan meningkatkan fatwa darah ke tempat panggul-bagus untuk peningkatan kepuasan seksual selama kehamilan. Selama kehamilan, efisiensi dari ginjal semakin membaik sehingga membantu tubuh Ibu untuk menyingkirkan produk sisa metabolisme lebih cepat. Selain itu, rahim yang membesar akan mulai menekan kandung kemih, menyisakan tempat yang lebih kecil untuk menampung air seni dan menimbulkan peningkatan frekuensi berkemih.

Pada ahad ke-6 calon pasangan orangtua sanggup berkonsultasi dan memulai kunjungan prenatal pertama ke dokter. Mungkin akan terdapat banyak pertanyaan mengenai perkembangan janin, terutama bila ini ialah kehamilan pertama. Pada sebagian besar Ibu hamil, Ibu akan diminta untuk kembali setiap 4 ahad selama 7 bulan pertama, kemudian setiap 2 ahad pada bulan ke-8, kemudian setiap ahad pada bulan ke-9. Apabila terdapat masalah, kemungkinan Ibu akan dijadwalkan lebih sering lagi berkunjung. Pemeriksaan USG sanggup dilakukan ahad ini untuk mendeteksi gerakan janin dan anggota tubuh janin. Kelainan mirip blighted ovum atau mola hidatidosa sanggup diketahui dengan investigasi USG.

7. MINGGU 7

Perubahan tubuh ibu hamil

Embrio :

Pada ahad ke-7, bentuk luar dari embrio berkembang dengan pesat. Mata yang berukuran sebesar titik ketika ini akan membentuk lensa mata. Lempeng indera pendengaran juga akan membentuk gelembung indera pendengaran yang berkembang membentuk bangunan-bangunan yang berfungsi untuk pendengaran dan keseimbangan. Pembentukan lapisan untuk kavum timpani serta tuba eustachius (bagian dari telinga) sudah mulai berkembang. Minggu ini tangkai kantung kuning telur dan tangkai penghubung bersatu membentuk tali pusat.

Rongga jantung yang hampir tepat sudah mulai dialiri oleh darah. Sekat jantung mulai dibuat mulai ahad ke-6 hingga ahad ke-8. Apabila terjadi gangguan pada pembentukan sekat jantung ketika ini, maka bayi sanggup lahir dengan kelainan jantung bawaan.

Permulaan dari sistim pencernaan dan sistim pernapasan mulai terbentuk. Tunas paru akan membentuk trakea dan tunas bronkialis. Tunas bronkialis akan membentuk saluran bronkus di kanan dan kiri. Otak, otot, dan tulang juga sudah mempunyai bentuk awal. Plakoda hidung membentuk lubang hidung dan membentuk tonjol hidung. Tunas untuk anggota tubuh depan dan belakang (tangan dan kaki) sudah mulai berbentuk dayung dan semakin memanjang. Panjang embrio dari puncak kepala hingga bokong berukuran 2-5 mm, pengukuran ini lebih sering digunakan daripada pengukuran dari kepala ke tumit lantaran kaki embrio seringkali terlipat yang menimbulkan sulitnya pengukuran.

Ibu :

Apabila Ibu mulai merasa mual atau mengalami morning sickness, disarankan Ibu mengurangi makan masakan berlemak, banyak minum cairan, frekuensi makan ditingkatkan namun dalam porsi yang lebih kecil (6x/hari), istirahat teratur, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Bila tanda-tanda mual dan muntah Ibu semakin meningkat, kehilangan berat badan, atau kehilangan cairan tubuh (kekurangan cairan), maka kemungkinan Ibu mengalami hiperemesis gravidarum. Segera berkonsultasi dengan dokter kebidanan Ibu.

Kehamilan akan mengakibatkan perubahan pada serviks (leher rahim). Mukus atau lendir yang terbentuk di pintu masuk dari kanalis servikal mulai terbentuk dan berfungsi untuk melindungi rahim. Payudara Ibu akan membesar dan terasa tidak nyaman, hal ini terjadi lantaran peningkatan dari hormon estrogen dan progesteron. Puting akan terasa lebih sensitif dan lebih nyeri dari biasanya. Areola-daerah gelap di sekitar puting- akan menjadi semakin gelap, semakin besar dan akan terus membesar dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu Ibu juga sanggup melihat adanya bintil-bintil (seperti ketika kita merinding) di sekitar areola. Bintil ini dinamakan tuberkel Montgomery, yaitu kelenjar keringat yang berfungsi sebagai pelumas bagi areola.

Produk susu sangat penting di masa kehamilan lantaran banyak mengandung kalsium yang mempunyai kegunaan untuk pertumbuhan gigi dan tulang embrio. Mulailah mengkonsumsi susu atau prosuk susu. Bila Ibu ingin tetap menjaga kalori yang masuk, maka susu rendah lemak menjadi pilihan, kandungan kalsium tidak akan terpengaruh pada produk susu rendah lemak. Vitamin prenatal juga sebaiknya dikonsumsi oleh Ibu hamil. Vitamin prenatal mengandung kalsium, tembaga, asam folat, yodium, zinc, dan vitamin A, B, C, D, E. Vitamin ini akan lebih baik dikonsumsi ketika sedang makan atau di malam hari.

Selama kehamilan, tidak ada larangan untuk bekerjasama seksual dengan pasangan selama tidak ditemukan problem dengan kehamilan. Namun bila istri sedang tidak tertarik untuk bekerjasama intim, jangan jadikan ini sebuah masalah. Hasrat seksual ibu hamil umumnya akan kembali normal, bahkan meningkat ketika keluhan kehamilan berkurang yaitu sekitar trimester kedua. Dengarkan keluhannya dan selalu perhatikan dia.

8. MINGGU 8

Perkembangan pesat otak dan jantung

Embrio

Perkembangan terbanyak ahad ini ialah perkembangan otak dan kepala embrio. Pada ahad ke-8, otak embrio berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Wajah dari embrio juga semakin terang terlihat, matanya terbuka, lisan dan lidahnya berkembang, dan embrio sudah mulai membentuk ginjal. Saat ini ialah periode kritis perkembangan lengan hampir berakhir, tonjolan lengan dan kaki mulai membentuk belahan tangan, bahu, dan jari-jari. Tonjolan lengan sudah berada di posisi proporsional final dan perkembangan rigi jari-jari tangan dan kaki sudah terbentuk. Tali pusat-bagian yang menghubungkan antara embrio dengan plasenta- sudah terbentuk. Tali sentra akan menjamin transportasi nutrisi dan oksigen untuk embrio Ibu.

Pada ahad ke-8, jantung janin sudah lengkap terbentuk 4 rongga, sekat untuk membatasi ruang bilik dan serambi, serta katup diatara ruang-ruangnya. Tonjolan paru sudah diliputi oleh pleura (selaput paru) dan cabang dari saluran bronkus. Saluran-saluran dari ginjal juga semakin banyak dan semakin berkembang. Membrana kloakalis pada janin sudah terbagi menjadi membarana urogenitalis (membentuk saluran kencing dan alat kelamin) serta membrana analis (membentuk anus atau dubur). Tonjol genitalia akan berubah menjadi tonjol skrotum (kantong kemaluan) pada bayi laki-laki dan akan berubah menjadi labia mayora pada bayi wanita. Embrio Ibu ketika ini mempunyai panjang 2 kali lipatnya yaitu 11-13 mm.

Akhir ahad ke-8, embrio Ibu berusia 6 ahad dan berukuran 22-24 mm, kepala masih lebih besar dibandingkan dengan tulang belakang. Tonjolan jari tangan dan kaki sudah ada, saluran dari tenggorokan ke paru-paru sudah terbentuk. Bibir atas sudah tepat dan bentuk indera pendengaran belahan luar mulai membentuk elevasi pada kedua sisi kepala. Bagian ‘buntut’ embrio akan perlahan menghilang. Pertumbuhan embrio mempunyai kecepatan 1 mm/hari, namun tidak harus di dalam penambahan panjang badan, sanggup juga di pertumbuhan organ lain mirip di lengan dan kaki
Periode kritis perkembangan jantung sudah hampir berakhir. Bilik jantung sudah lengkap dan akan menyempurnakan bentuknya. Perkembangan hati disini akan mengakibatkan penonjolan dari perut embrio. Sistim saluran pencernaan berkembang di umbilikus, usus halus berkembang dan akan bermigrasi ke dalam perut ketika ruang di perut embrio sudah cukup besar. Punggung embrio semakin memanjang sekarang, rangka embrio masih terdiri atas kartilage (tulang rawan) dimana sel tulang pertama akan menggantikan kartilage pada hari ke 47 kehamilan. Osifikasi (proses penulangan) primer mulai terjadi di sentra dari tulang panjang, Embrio Ibu sudah mulai terlihat mirip bayi kecil sekarang.

Ibu :
Jangan kaget apabila ukuran bra Ibu bertambah 1-2 ukuran lebih besar, terutama bila ini ialah embrio pertama. Payudara Ibu akan terus membesar sebagai persiapan untuk menyusui. Sedangkan rahim Ibu kini berukuran sebesar jeruk. Jangan berdiet selama kehamilan. Ibu harus meningkatkan berat tubuh kini lantaran akan berbahaya bagi janin bila Ibu mengurangi berat badan. Vitamin prenatal sebaiknya tetap Ibu konsumsi. Meskipun Ibu mengkonsumsi vitamin prenatal, Ibu juga harus tetap mengkonsumsi masakan bergizi yang berasal dari makanan.

9. MINGGU 9

Pergerakan embrio pertama kali

Embrio :
Minggu ini mata embrio sudah mempunyai lensa, iris, retina, kornea, dan kelopak mata. Mata janin belum terbuka lantaran kelopak mata belum terbentuk sempurna. Pigmentasi retina didapatkan pada embrio. Saat ini embrio Ibu sudah menjadi janin yang berarti ‘muda’. Meskipun masih tergolong sangat kecil, embrio Ibu sudah terlihat mirip dengan bayi. Selama perkembangan organ, lengan atas lebih cepat tumbuh dibanding paha dan betis. Lengan sudah berada di lokasi final dan jari-jari mulai memisah. Lekukan yang menandai perkembangan jari tangan di kemudian hari sudah terbentuk.

Tonjol rahang atas (maksila) menyatu dengan tonjol hidung ketika bibir atas terbentuk. Herniasi umbilikus atau masuknya organ pencernaan (usus, lambung) yang berada di luar perut embrio ke dalam perut mulai terjadi ahad ini.Pankreas, kandung empedu, duktus biliaris, dan anus (dubur) sudah siap di posisi masing-masing. Hati embrio sudah terbentuk dan mulai menghasilkan sel darah merah yang dipompakan ke seluruh tubuh oleh jantungnya yang kecil. Jantung embrio sendiri ketika ini sudah terbagi atas 4 ruangan dan berdebar 150x/menit.

Perkembangan luar biasa ahad ini ialah embrio Ibu yang mulai bergerak. Meskipun sudah mulai bergerak, Ibu masih belum bisa merasakannya. Gigi yang sangat kecil sudah berada di bawah gusi, pita bunyi dan kelenjar ludah mulai terbentuk, serta janin akan mulai membuka mulutnya ahad ini. Pertumbuhan alat kelamin janin Ibu akan dimulai. Panjang janin Ibu ketika ini ialah 22-30 mm dengan berat tubuh sekitar 2 gram.

Ibu :
Ibu akan mulai mencicipi peningkatan dari lingkar pinggul ahad ini, meskipun Ibu masih belum terlihat terang sedang hamil. Apabila Ibu sering sekali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, maka kurangi konsumsi kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh, namun jangan mengurangi asupan cairan secara keseluruhan.

Selama hamil, volume darah akan meningkat sekitar 50%. Peningkatan volume darah ini penting untuk memenuhi kebutuhan rahim yang sedang berkembang dan melindungi Ibu dan bayi dari imbas yang membahayakan ketika Ibu berbaring atau berdiri. Peningkatan volume darah ini juga berfungsi sebagai pelindung selama persalinan lantaran kemungkinan banyaknya kehilangan darah.

Peningkatan berat tubuh Ibu selama kehamilan akan terbagi atas :
3,5 kg untuk janin
3,5 kg untuk simpanan Ibu (lemak, protein, nutrisi lain)
2 kg untuk peningkatan volume cairan
1 kg untuk pembesaran payudara
1 kg untuk rahim
1 kg untuk cairan amnion
0,75 kg untuk plasenta

Total dari semua peningkatan berat tubuh Ibu selama kehamilan ini ialah sekitar 12 – 13 kg.

10. MINGGU 10

Pembesaran pembuluh vena ibu hamil

Embrio :

Embrio ketika ini mempunyai panjang 31 hingga 42 mm dengan asumsi berat tubuh sekitar 4-5 gram. Embrio Ibu sudah mempunyai jari-jari tangan dan kaki yang bebas sehingga menciptakan Ibu sanggup mencicipi tendangan di perut. Tungkai semakin memanjang dan membengkok di tempat siku dan lutut. Penulangan tulang anggota tubuh akan dimulai pada final masa embrio. Saat ini tulang embrio mulai terbentuk dan indentasi di kaki yang akan membentuk lutut dan tumit mulai mengeras.

Telinga sudah mulai berbentuk dan kelopak mata sudah tidak transparan lagi. Tonjolan untuk pembentukan gigi yang berada di bawah gusi mulai terbentuk (meskipun bayi Ibu nantinya gres mempunyai gigi pada usia 6-7 bulan sehabis lahir). Menjelang perkembangan ahad ke-10, lamina dentis yang berada di sepanjang rahang atas dan rahang bawah membentuk tunas gigi, masing-masing 10 buah pada setiap rahang. Wajah embrio ketika ini sudah mirip insan dengan ekornya yang sudah menghilang. Herniasi umbilikus akan bertahan hingga ahad ke-15.

Otak embrio akan membentuk 250.000 sel saraf gres setiap menitnya, ginjal embrio Ibu sudah mulai memproduksi air seni, lambungnya mulai memproduksi asam lambung, dan bila embrio Ibu laki-laki, beliau akan mulai memproduksi hormon testosteron. Detak jantung janin sudah mulai sanggup terdeteksi oleh suatu alat yang berjulukan Doppler. Kemungkinan keguguran janin akan menurun sehabis ahad ke-10. Paru sudah terbagi atas 3 lobus di sebelah kanan, dan 2 lobus di sebelah kiri, lengkap dengan selaputnya.

Ibu :
Minggu ini plasenta sudah mulai berfungsi mengatur hormonal embrio. Karena hal inilah maka tanda-tanda dari mual dan muntah Ibu atau morning sickness mulai menurun. Meskipun begitu, fluktuasi kadar hormonal di dalam tubuh masih mengakibatkan ketidakstabilan emosional atau mood yang naik turun pada Ibu hamil. Jangan heran bila tiba-tiba Ibu merasa duka atau depresi, dan di menit berikutnya Ibu merasa baik-baik saja dan sangat bahagia.

Suatu penanda dari volume darah yang meningkat ialah terlihatnya pembuluh vena yang membesar di permukaan kulit Ibu hamil. Umumnya fatwa garis biru ini sanggup Ibu lihat di payudara, perut, tangan, dan kaki. Peningkatan volume darah sekitar 20-40% pada Ibu hamil memang diimbangi dengan pembesaran vena semoga pembuluh darah tersebut sanggup mengangkut fatwa darah yang meningkat. Pembesaran vena ini akan perlahan-lahan menghilang sehabis bayi dilahirkan dan Ibu tidak lagi menyusui.

Ibu masih belum mebutuhkan baju hamil sekarang, namun ibu mungkin mencicipi bahwa pakaian atau baju sehari-hari mulai terasa tidak nyaman atau terasa ketat dan bra Ibu mulai terasa sempit akhir dari pembesaran payudara. Untuk mengatasi hal tersebut, pakailah celana yang mempunyai karet lentur pada belahan pinggang, Ibu sanggup membeli bra gres yang nyaman (ukuran payudara sanggup meningkat 1-2 ukuran), dan pakailan pakaian yang longgar.

11. MINGGU 11

Penyempurnaan organ janin

Janin :
Janin ketika ini mempunyai panjang dari kepala hingga bokong sekitar 44 hingga 60 mm dengan asumsi berat janin sekitar 8 gram, kurang lebih sebesar telapak tangan Ibu. Tahap gangguan atau ketaknormalan pada janin sudah terlewat ahad ini, ahad pembentukan organ sudah selesai dan kini memasuki tahap pembesaran, pemanjangan, dan penyempurnaan. Tangan janin akan mulai terbuka dan membentuk kepalan tinju, nail bed atau dasar dari kuku mulai terbentuk, tonjolan di bawah giginya mulai terbentuk, dan beberapa tulangnya mulai mengeras. Janin akan memulai refleks menelan dan mencium.

Janin akan mulai bergerak dan menggeliat dan gerakan tersebut akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan tubuhnya yang makin sempurna. Namun gerakan ini hanya terlihat dengan investigasi Ultrasonografi (USG). Ibu sendiri gres akan mencicipi gerakan janin dalam beberapa ahad ke depan. Meskipun testis dan indung telur sudah tepat terbentuk ahad ini, jangan buru-buru menyiapkan dekorasi kamar bayi, Ibu gres sanggup melihat jenis kelamin janin dalam waktu beberapa ahad lagi. Bila bayi Ibu perempuan, perkembangan rahim dan vaginanya sudah dimulai.

Ibu :
Minggu ini mual dan muntah akan mulai berkurang, Ibu akan merasa lebih nyaman dan sanggup makan tanpa diiringi rasa mual. Plasenta yang tepat dan pertumbuhan kelenjar akan mengambil alih produksi hormon. Ibu sanggup fokus ke hal lain yaitu peningkatan berat tubuh Ibu dan janin yang signifikan di trimester kedua.

Jangan khawatir apabila kondisi mual trimester pertama menciptakan Ibu tidak bisa makan. Pada 3 bulan pertama, kenaikan berat tubuh Ibu memang berkisar 1 – 2,5 kg. Nafsu makan Ibu akan kembali sehabis fase ini terlampaui dan selanjutnya kenaikan berat tubuh Ibu berkisar 0,5 kg/minggu. Namun ketika ini bukan berarti Ibu boleh makan tidak terkontrol, makan terus menerus tanpa memperhatikan gizi tidak akan ada manfaat bagi janin. Pilihlah masakan yang bergizi mirip sayuran, gandum, dan ikan. Nutrisi yang baik sangat kuat di dalam perkembangan otak dan tubuh janin.

Sayangnya beberapa keluhan selama kehamilan mirip konstipasi (hambatan pengeluaran dari sisa-sisa masakan yang berkaitan dengan kesulitan BAB akhir tinja yang keras disertai dengan nyeri pada perut.), heart burn (sensasi rasa panas atau rasa tidak nyaman yang dirasakan dibalik tulang dada atau tenggorokan atau keduanya), kembung, bersendawa, dan buang gas yang berkaitan dengan perubahan hormon mulai dirasakan. Progesteron akan merelaksasi otot polos di tubuh Ibu. Sakit kepala juga sanggup Ibu rasakan akhir dari peningkatan kadar hormon. Ibu sanggup mencegah terjadinya sakit kepala dengan makan teratur, tingkatkan asupan cairan, istirahat dan tidur teratur, serta hindari stres.

12. MINGGU 12

Refleks bayi mulai terbentuk

Janin :
Berat janin Ibu kini antara 8 – 14 gram dengan panjang kepala hingga bokong hampir 60 mm. Janin Ibu tumbuh dan berkembang 2 kali lipat dalam 3 ahad terakhir. Perkembangan terbesar janin ahad ini ialah refleks bayi. Jari janin Ibu akan mulai terbuka, ibu jari kaki janin akan mulai menekuk, otot mata akan berkontraksi dimana janin sanggup mengedipkan mata, dan lisan janin akan membentuk gerakan menghisap. Usus janin Ibu yang berkembang dengan sangat cepat hingga menciptakan suatu tonjolan di tali sentra akan mulai masuk ke rongga abdomen (perut) mulai ahad ini, dan ginjal janin akan mulai menghasilkan air seni ke dalam kantong kemih.

Sementara itu sel saraf janin berkembang sangat cepat dan di dalam otak janin sinaps atau fatwa listrik saraf juga mulai terbentuk. Mata janin akan berpindah dari sisi samping ke depan kepala dan indera pendengaran janin berada di sisi kepala, di tempat yang seharusnya. Janin mulai sanggup menelan cairan amnion (ketuban) di mana janin Ibu sedang berenang-renang sekarang. Jangan khawatir janin Ibu tidak bisa bernapas dan karam di dalam cairan amnion. Janin mendapatkan oksigen dari darah yang dipompakan ke dalam tubuh oleh plasenta dikarenakan janin belum sanggup bernapas menggunakan paru-paru.

Sebagian besar organ janin sudah tepat terbentuk ahad ini. Sekarang janin akan memasuki masa maintenance yaitu masa pematangan fungsi sistim organ semoga organ sanggup berfungsi tepat dalam 28 ahad ke depan.

Ibu :
Rahim Ibu ketika ini teraba tepat di atas simpisis pubis atau di bawah tulang kemaluan. Dari ukuran yang sangat kecil, rahim Ibu kini berdiameter 12-14 cm, sebesar bola kasti. Rahim Ibu akan perlahan-lahan membesar sekitar 1 cm setiap minggunya. Pada ketika melahirkan, rahim Ibu akan berdiameter sekitar 37 – 42 cm. Berat rahim Ibu akan meningkat dari 70 gram sebelum kehamilan menjadi hampir 1100 gram$ ketika melahirkan. Ibu sudah mulai sanggup berbelanja baju kehamilan ketika ini dan akan lebih baik dan lebih nyaman bila Ibu mulai menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat.

Ibu disarankan untuk menjaga kebersihan dari giginya dengan cara menggosok gigi dan berkumur sehabis makan. Hal ini dikarenakan kebersihan rongga lisan yang tidak terjaga sanggup menimbulkan penyakit gingivitis dan periodontitis. Kesehatan rongga lisan dan gigi yang tidak terjaga sanggup menjadi sumber infeksi yang berkaitan dengan kelahiran prematur dan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Perasaaan heart burn pada Ibu ketika ini terjadi lantaran plasenta yang memproduksi hormon progesteron merelaksasi katup yang memisahkan esofagus dan lambung sehingga memudahkan terjadinya refluks atau naiknya asam lambung ke esofagus menimbulkan sensasi panas atau terbakar di dada.

Kulit ibu berubah selama kehamilan. Pada sebagian besar perempuan akan muncul garis vertikal berwarna coklat kehitaman di kulit sepanjang belahan tengah perut yang disebut dengan linea nigra. Garis ini akan ada selama kehamilan dan akan menghilang sehabis melahirkan. Jaring-jaring vaskuler dan palmar eritema (kemerahan di telapak tangan) dapt terjadi akhir pelebaran dari pembuluh darah dan tingginya kadar estrogen selama kehamilan. Gejala ini hanya sementara, tidak berbahaya, dan akan menghilang sehabis melahirkan.

D. BEBERAPA TIPS UNTUK IBU HAMIL PADA TRIMESTER PERTAMA

1)Jaga Kondisi Ibu
Saat ini merupakan momentum paling tepat untuk menghentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol. Tiga hal yang disebutkan di atas sanggup mempengaruhi perkembangan embrio dan mengakibatkan kecacatan. Sebaiknya hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas. Namun untuk obat rutin yang diminum (obat untuk tekanan darah tinggi, obat diabetes) sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menghentikannya.

2)Posisi Berhubungan Seksual
Posisi misionaris (pria di atas) merupakan posisi yang direkomendasikan apabila pasangan ingin mempunyai anak. Dalam posisi tersebut, penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) sanggup terjadi lebih dalam sehingga semen yang mengandung sel sperma sanggup lebih bersahabat ke serviks (leher rahim) maupun uterus (rahim). Posisikanlah pinggul Ibu lebih tinggi sehabis selesai bekerjasama seksual semoga memudahkan sel sperma berenang ke arah yang tepat.
3)Hindari Kafein
Kafein sebaiknya dihindari pada perempuan hamil. Kafein sendiri sanggup masuk ke saluran pencernaan janin yang masih belum sempurna. Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi kafein berlebih pada perempuan hamil sanggup mengakibatkan ketaknormalan janin, persalinan prematur,dan meningkatkan risiko untuk bayi lahir dengan berat tubuh rendah.
   
4)Tanda Positif Kehamilan
Tanda pertama yang menandakan kehamilan ialah telatnya periode menstruasi Ibu. Selain itu Ibu juga sanggup mencicipi tanda-tanda lainnya mirip sering berkemih, pembesaran dan nyeri pada payudara, mual, perasaan lelah, tempat areola (sekitar puting) menjadi semakin hitam, peningkatan temperatur tubuh, dan flek perdarahan tanda implantasi (perlekatan embrio ke rahim). Tes kehamilan yang positif membantu mendiagnosis kehamilan.

5)Jaga Kesehatan Janin Anda
Hindari aspirin, merokok, dan minum alkohol ketika sedang hamil. Aspirin sanggup mengakibatkan perdarahan dan perubahan di dalam fungsi pembekuan darah. Merokok mengganggu perembesan dari vitamin B dan C serta asam folat, mengakibatkan bayi lahir dengan berat tubuh rendah, peningkatan risiko keguguran, dan ajal bayi segera sehabis melahirkan. Perokok pasif juga mempunyai imbas yang sama dengan yang aktif. Saat sedang hamil, mintalah semoga orang sekitar untuk tidak merokok di bersahabat Anda. Minum-minuman keras sanggup mengakibatkan Fetal Alcohol Syndrome.

6)Mengurangi Mual Dan Muntah Di Kehamilan
Bila muntah ialah problem di pagi hari, makan masakan kering mirip sereal, roti, atau biskuit sebelum berdiri dari tempat tidur, atau coba makan camilan tinggi protein mirip keju sebelum pergi tidur (protein membutuhkan waktu usang untuk dicerna)
Makan camilan setiap 2-3 jam lebih baik dari 3 kali makan besar. Makan secara perlahan dan kunyah masakan secara sempurna
Tetap duduk tegak selama 10-20 menit sehabis makan untuk menghindari refluks lambung dan heartburn
Makan masakan yang mengandung banyak cairan. Hindari jumlah besar konsumsi cairan dalam satu waktu. Coba minuman yang dingin, jus buah mirip apel atau anggur
Hindari masakan pedas, gorengan, atau berminyak. Hindari kopi lantaran sanggup merangsang asam lambung
Hindari bau yang menyengat dan mengakibatkan mual
Jahe cukup efektif untuk mengurangi mual. Cobalah untuk memakan permen jahe, minum air jahe, atau jahe dalam bentuk kapsul
Hubungi dokter untuk konsumsi vitamin B6 atau terapi obat lainnya
Hubungi dokter bila muntah terjadi terus-menerus sehingga masakan atau minuman tidak sanggup masuk. Hal ini sanggup mengakibatkan kehilangan cairan tubuh (kekurangan cairan) dan harus diterapi sesegera mungkin

7)Hubungi Petugas Kesehatan

Terkadang didapatkan beberapa tanda-tanda yang mengancam nyawa janin dan berbahaya bagi Ibu, tanda-tanda tersebut diantaranya ialah :
Perdarahan atau bercak dari vagina
Nyeri perut tiba-tiba dan berkelanjutan
Rembesan cairan dari vagina
Muntah terus menerus (Hiperemesis Gravidarum)
Nyeri berkemih
Sakit kepala andal dan terus menerus
Gangguan penglihatan pada mata
Pembengkakan pada tangan dan kaki

8)Pemeriksaan Roentgen X-ray
Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melaksanakan investigasi radiologi di abdomen (perut) dan belahan bawah panggul. X-ray sanggup berbahaya untuk janin. Ibu hamil sanggup melaksanakan investigasi radiologi untuk gigi atau ekstemitas (lengan dan kaki) lantaran x-ray ini tidak secara eksklusif terpajan dengan level radiasi berbahaya pada janin. Namun sinar x-ray secara eksklusif sanggup berbahaya bagi janin.

9)Hati – hati Keguguran
Hati-hati terhadap risiko keguguran pada trimester pertama. Angka kejadian pengguguran meningkat dengan bertambahnya usia Ibu dan terdapatnya riwayat pengguguran sebelumnya. Penyebab abortus impulsif bervariasi mencakup infeksi, faktor hormonal, kelainan bentuk rahim, faktor imunologi (kekebalan tubuh), dan penyakit dari ibu. Apabila Ibu mencicipi nyeri perut belahan bawah, keram pada rahim, perdarahan dari kemaluan, dan keluarnya embrio dari dalam rahim maka segera hubungi dokter kandungan Ibu

10) Gizi  kehamilan
Untuk gizi selama kehamilan, sebaiknya Ibu setiap hari makan 1 atau 2 buah yang kaya akan vitamin C dan minimal 1 kali sayuran berwarna hijau renta atau kuning renta untuk zat besi ekstra, serat, dan asam folat. Makanlah daging merah sebagai sumber dari zat besi. Berhati-hatilah selalu akan masakan yang Ibu makan, beberapa jenis masakan sanggup mengandung kuman yang berbahaya bagi perkembangan janin.
        11)Olahraga selama kehamilan
Olahraga mirip berenang dan berjalan setiap hari selama 30 menit ialah pilihan tepat di kala hamil. Olahraga sanggup meningkatkan kekuatan otot, tonus otot, dan ketahanan tubuh-tiga kualitas yang sanggup membantu Ibu selama 9 bulan kehamilan, membantu mengurangi stress ketika melahirkan, dan menciptakan pembentukan tubuh sehabis melahirkan menjadi lebih mudah.
        12)Vaksinasi selama kehamilan
Imunisasi yang direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan ialah vaksin DPT. Rubella selama kehamilan sanggup mengakibatkan keguguran atau cacat pada janin. Oleh lantaran itu, vaksin MMR sebaiknya diberikan sebelum kehamilan atau sehabis persalinan Vaksin campak yang hidup tidak diberikan pada perempuan hamil, sedangkan vaksinasi polio hanya diberikan pada perempuan yang mempunyai risiko tinggi terhadap paparan polio.
13)Pemeriksaan Chorionic Villus Sampling
Chorionic Villus Sampling (CSV) ialah tes yang digunakan untuk mendeteksi kelainan genetik. CSV mempunyai kegunaan untuk mendeteksi kelainan genetik pada janin mirip Sindroma Down. Tes ini dilakukan pada ahad ke 9 – 11 kehamilan menggunakan amniosintesis. Alat CSV akan ditempatkan di leher rahim untuk memindahkan jaringan janin dari plasenta. Risiko keguguran ketika melaksanakan CSV berkisar 1 – 2%

DAFTAR  PUSTAKA

Bobak, Lawdermilk Jensen, Buku Ajar Keperawatan Maternitas, EdiSI 4, 1996, EGC : Jakarta


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Maternitas"

Post a Comment