Proposal Kesehatan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Sosialisasi Anak Usia Sekolah Di Panti Asuhan Yatim Puteri
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
TINGKAT SOSIALISASI ANAK USIA SEKOLAH
DI PANTI ASUHAN YATIM PUTERI
TINGKAT SOSIALISASI ANAK USIA SEKOLAH
DI PANTI ASUHAN YATIM PUTERI
PENDAHULUAN
Setiap anak diperlukan sanggup tumbuh dan berkembang secara sempurna. Tercapainya tumbuh kembang yang optimal sangat tergantung pada potensi biologiknya, yang merupakan hasil interaksi aneka macam faktor yang saling berkaitan yaitu faktor genetik, lingkungan, bio-fisika, psikososial dan perilaku.1
Salah satu aspek perkembangan anak yang cukup menarik diperhatikan yaitu yang berkaitan dengan perkembangan sosial anak khususnya fenomena belum dewasa yang mengalami kesulitan dalam pergaulan atau mengikuti keadaan dengan lingkungan. Rendahnya sosialisasi anak ini sanggup mengakibatkan duduk masalah baik bagi anak itu sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Anak yang merasa kurang percaya diri akan merasa aib dikala bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang lain. Dia cenderung kurang percaya diri dan menutup diri sehingga tidak mempunyai teman.
Penelitian Boivin dan Hymel menyatakan bahwa pengalaman-pengalaman yang diperoleh anak selama bekerjasama dengan sahabat sebaya akan membantunya dalam melaksanakan pembiasaan sosial.2 Beberapa cara penting dalam rangka membantu proses sosialisasi pada belum dewasa antara lain : mencar ilmu pada kelompok, mencar ilmu mengikuti keadaan dengan standar kelompok, mencar ilmu bebas dari orang dewasa, mencar ilmu bekerja sama, mencar ilmu bermain dan berolah raga, mencar ilmu turut menyebarkan rasa dengan orang lain, serta mencar ilmu bersikap sportif dan melaksanakan tanggung jawab.3
Ada banyak faktor yang mempengaruhi sosialisasi pada anak. Mengungkapkan setidaknya ada empat faktor yang mempengaruhi tingkat sosialisasi pada anak, yaitu rujukan pengasuhan, efek sahabat sebaya, penerimaan diri dan lingkungan.3 Sosialisasi anak di panti asuhan sepertinya juga dipengaruhi oleh keempat faktor ini, suatu hal yang memerlukan pembuktian. Selain itu sanggup dikaji dari keempat faktor tersebut, faktor manakah yang paling mayoritas mempengaruhi sosialisasi anak usia sekolah.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat sosialisasi anak usia sekolah di Panti Asuhan Yatim Puteri ‘Aisyiyah Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor yang paling mayoritas mempengaruhi tingkat sosialisasi anak usia sekolah tersebut.
BAHAN DAN CARA PENELITIAN
Penelitian ini bersifat deskriptif non-eksperimental dengan pendekatan Cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di Panti Asuhan Yatim Puteri ‘Aisyiyah Yogyakarta pada bulan November 2004. Total sampel sebanyak 35 orang anak usia sekolah (6 – 12 tahun), yang memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu: usia antara 6 – 12 tahun, sanggup membaca dan menulis, sanggup berkomunikasi dengan baik, bersedia menjadi responden, tinggal di Panti Asuhan minimal satu tahun. Selain itu harus sedang bersekolah, tidak mempunyai cacat badan atau keterbelakangan mental. Data diambil dengan pengisian kuesioner oleh responden dan lembar observasi yang dibantu oleh empat observer yang dipilih dari penghuni panti yang memenuhi kriteria menyerupai tingkat pendidikan minimal SLA dan direkomendasikan oleh pengasuh panti asuhan.
Data dianalisis dengan uji statistik yaitu regresi dan korelasi parsial dipakai untuk mengetahui ada tidaknya efek rujukan pengasuhan, sahabat sebaya, penerimaan diri dan lingkungan secara bantu-membantu terhadap kemampuan sosialisasi anak ( uji F). Analisis korelasi parsial dipakai untuk mengetahui efek masing-masing anak (uji t). Uji statirtik pada = 0,05 dan confident interval 95%.6
SKIP ADD
0 Response to "Proposal Kesehatan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Sosialisasi Anak Usia Sekolah Di Panti Asuhan Yatim Puteri"
Post a Comment